Pages - Menu

Monday, November 22, 2010

Panduan Konsumen untuk Membeli sebuah Waralaba


Panduan Konsumen untuk Membeli sebuah Waralaba

            Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha. Dengan membeli waralaba, Anda sering dapat menjual barang dan jasa yang memiliki pengenalan nama instan dan dapat memperoleh pelatihan dan dukungan yang berkelanjutan untuk membantu Anda sukses. Tapi hati-hati. Seperti investasi apapun, membeli franchise bukan jaminan sukses.
Manfaat dan Tanggung Jawab Kepemilikan Franchise Memahami kewajiban Anda sebagai pemilik waralaba, bagaimana untuk berbelanja untuk peluang waralaba, dan bagaimana mengajukan pertanyaan yang tepat sebelum anda berinvestasi .Sebuah waralaba biasanya memungkinkan Anda, investor atau "waralaba," untuk menjalankan bisnis. Dengan membayar biaya waralaba, Anda diberikan format atau sistem yang dikembangkan oleh perusahaan ("waralaba"), hak untuk menggunakan nama franchisor untuk waktu yang terbatas, dan bantuan. Misalnya, franchisor dapat membantu Anda menemukan lokasi untuk outlet Anda; memberikan pelatihan awal dan manual operasi, dan menyarankan Anda pada manajemen, pemasaran, atau personil. Beberapa franchisor menawarkan dukungan yang berkelanjutan seperti  seminar berkala.
Sementara membeli franchise dapat mengurangi risiko investasi Anda dengan memungkinkan Anda untuk mengaitkan dengan sebuah perusahaan yang didirikan, dapat menjadi mahal. Anda juga mungkin diperlukan untuk melepaskan kendali yang signifikan atas usaha anda, saat mengambil pada kewajiban kontrak dengan franchisor. Berikut adalah garis besar dari beberapa komponen sistem waralaba khas. Pertimbangkan setiap hati-hati. Biaya Dalam pertukaran untuk mendapatkan hak untuk menggunakan nama franchisor dan bantuan, Anda dapat membayar sebagian atau seluruh biaya berikut.
1.    Biaya awal waralaba dan expenses. biaya awal waralaba lainnya, yang mungkin tidak dapat dikembalikan. Anda juga mungkin akan dikenakan biaya yang signifikan untuk menyewa, membangun, dan melengkapi outlet dan untuk membeli persediaan awal. biaya lainnya termasuk izin operasi dan asuransi. Anda juga dapat diminta untuk membayar "grand opening" biaya untuk pemilik waralaba untuk mempromosikan outlet baru Anda.
Pembayaran royalti terus. Anda mungkin harus membayar royalti franchisor berdasarkan persentase mingguan atau bulanan penghasilan bruto anda. Anda sering harus membayar royalti bahkan jika stopkontak Anda tidak menerima pendapatan yang signifikan selama waktu itu. Selain itu, royalti biasanya dibayar untuk hak menggunakan nama franchisor. Jadi, bahkan jika franchisor tidak memberikan layanan pendukung berjanji, Anda mungkin masih harus membayar royalti untuk jangka waktu perjanjian waralaba Anda.
2.     Biaya iklan. Anda mungkin harus membayar menjadi dana iklan. Beberapa bagian dari biaya iklan dapat pergi untuk iklan nasional atau untuk menarik pemilik waralaba baru, tetapi tidak untuk menargetkan outlet khusus Anda. Kontrol Untuk memastikan keseragaman, franchisor biasanya mengontrol bagaimana franchisee melakukan bisnis. Kontrol ini secara signifikan dapat membatasi kemampuan Anda untuk melakukan penilaian bisnis Anda sendiri. Berikut ini adalah contoh khas dari kontrol tersebut.
3.    Desain atau tampilan standar. Franchisor mungkin memaksakan standar desain atau penampilan untuk memastikan pelanggan menerima kualitas yang sama barang dan jasa di setiap outlet. Beberapa franchisor membutuhkan renovasi berkala atau perubahan desain musiman. Mematuhi standar-standar mungkin akan meningkatkan biaya Anda.
4.    Pembatasan atas barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual. Franchisor dapat membatasi barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual. Sebagai contoh, sebagai pemilik waralaba restoran, Anda mungkin tidak dapat menambah item menu populer Anda atau menghapus item yang tidak populer.  
5.     Pembatasan pada metode operasi. Mungkin franchisor mengharuskan Anda untuk bekerja dengan cara tertentu. franchisor tersebut mungkin mengharuskan Anda untuk beroperasi selama jam-jam tertentu, gunakan hanya tanda-tanda pra-disetujui, seragam karyawan, dan iklan, atau mematuhi akuntansi tertentu atau prosedur pembukuan. Pembatasan ini dapat menghambat Anda dari operasi outlet Anda seperti yang Anda anggap terbaik. franchisor juga mungkin mengharuskan Anda untuk membeli persediaan hanya dari pemasok yang telah disetujui, bahkan jika Anda dapat membeli barang serupa di tempat lain dengan biaya lebih rendah.
6.    Pembatasan wilayah penjualan. Franchisor dapat membatasi bisnis Anda untuk suatu wilayah tertentu. Meskipun pembatasan teritorial dapat memastikan bahwa franchisee lainnya tidak akan bersaing dengan anda untuk pelanggan yang sama, mereka dapat menghalangi kemampuan Anda untuk membuka outlet tambahan atau pindah ke lokasi yang lebih menguntungkan. Penghentian dan Renewal Anda dapat kehilangan hak untuk waralaba Anda jika Anda melanggar kontrak franchise. Selain itu, kontrak franchise adalah untuk waktu yang terbatas, tidak ada jaminan bahwa Anda akan dapat memperbaharuinya.
7.    Alasan lain untuk membeli waralaba adalah untuk memperoleh dukungan dari franchisor. pelatihan dan terus-menerus mendukung apakah pemilik waralaba menyediakan? Bagaimana pelatihan mereka dibandingkan dengan pelatihan bagi pekerja khas dalam industri? Bisakah Anda bersaing dengan orang lain yang memiliki pelatihan yang lebih formal? Apa latar belakang melakukan pemilik waralaba saat ini miliki? Apakah mereka memiliki latar belakang sebelum teknis atau pelatihan khusus yang membantu mereka berhasil? Apakah Anda memiliki latar belakang yang sama? Pengalaman franchisor
8.    Banyak waralaba beroperasi perusahaan-perusahaan mapan dengan tahun pengalaman baik dalam menjual barang atau jasa dan dalam mengelola sistem waralaba. Beberapa franchisor mulai dengan mengoperasikan bisnis mereka sendiri. Tidak ada jaminan, bagaimanapun, bahwa seorang pengusaha sukses berhasil dapat mengatur sistem waralaba.
9.    Hati-hati mempertimbangkan berapa lama franchisor telah berhasil dengan sistem waralaba. Apakah Anda merasa nyaman dengan keahlian pemilik waralaba? Jika franchisor memiliki sedikit pengalaman dalam mengelola rantai waralaba, janji-janji mereka bimbingan, pelatihan, dan dukungan lain yang dapat diandalkan.
10. Pertumbuhan Sebuah sistem waralaba  meningkatkan pengakuan nama franchisor dan dapat memungkinkan Anda untuk menarik pelanggan. Pertumbuhan sendiri tidak menjamin franchisee berhasil; sebuah perusahaan yang tumbuh terlalu cepat mungkin tidak dapat mendukung franchisee dengan semua layanan dukungan yang dijanjikan. Pastikan franchisor memiliki aset keuangan yang memadai dan staf untuk mendukung franchisee.

Litigasi Sejarah
Dokumen pengungkapan membantu Anda menilai latar belakang franchisor dan eksekutif dengan mewajibkan pengungkapan litigasi sebelumnya. Dokumen pengungkapan memberitahu Anda jika pemilik waralaba, atau pejabat eksekutif, telah dihukum karena tindak pidana berat yang melibatkan, misalnya, penipuan, pelanggaran hukum franchise atau tidak adil atau menipu praktek hukum, atau tunduk pada perintah negara bagian atau federal yang melibatkan kesalahan yang serupa. Hal ini juga akan memberitahu Anda jika waralaba, atau eksekutif, telah bertanggung jawab atau diselesaikan tindakan perdata yang melibatkan hubungan waralaba. Sejumlah klaim terhadap franchisor mungkin menunjukkan bahwa hal itu tidak dilakukan sesuai dengan perjanjian, atau, setidaknya, bahwa pewaralaba telah puas dengan kinerja franchisor. Perlu diketahui bahwa beberapa franchisor dapat mencoba untuk menyembunyikan sejarah litigasi seorang eksekutif dengan menghapus nama seseorang dari dokumen pengungkapan mereka.
Sebelum Memilih Sistem Waralaba
Sebelum berinvestasi dalam sistem waralaba tertentu, hati-hati mempertimbangkan berapa banyak uang yang Anda miliki untuk berinvestasi, kemampuan anda, dan tujuan Anda. Daftar berikut dapat membantu Anda membuat keputusan Anda. Investasi Anda
a)    Berapa banyak uang yang Anda miliki untuk berinvestasi?
b)    Berapa banyak uang yang bisa Anda mampu untuk kehilangan?
c)    Apakah Anda membeli waralaba sendiri atau dengan mitra?
d)    Apakah Anda perlu pembiayaan dan, jika demikian, di mana Anda mendapatkannya?
e)    Apakah Anda memiliki peringkat kredit yang menguntungkan?
f)     Apakah Anda memiliki tabungan atau penghasilan tambahan untuk hidup pada saat mulai franchise Anda?
Biaya
Dokumen pengungkapan memberitahu Anda biaya yang terlibat untuk memulai salah satu waralaba perusahaan. Ini akan menjelaskan setiap deposito awal atau biaya waralaba, yang mungkin tidak dapat dikembalikan, dan biaya untuk persediaan awal, tanda-tanda, peralatan, sewa, atau sewa. Perlu diketahui bahwa mungkin ada biaya yang tidak diungkapkan lain. Daftar periksa berikut akan membantu Anda bertanya tentang potensi biaya kepada Anda sebagai franchisee.
a)  Melanjutkan pembayaran royalti.
b)  Periklanan pembayaran, baik untuk dana periklanan lokal dan nasional.
c)   Grand membuka atau lainnya promosi bisnis awal.
d)  Bisnis atau izin operasi.
e)  Produk atau biaya jasa pasokan.
f)    Real estate dan prasarana.
g)  Discretionary peralatan seperti sistem komputer atau sistem bisnis alarm.
h)  Pelatihan.
i)    Hukum biaya.
j)    Keuangan dan saran akuntansi.
k)   Asuransi.
l)    Kepatuhan dengan peraturan daerah, seperti zonasi, pembuangan sampah, dan api dan kode keselamatan lainnya.
m) Asuransi kesehatan.
n)  Gaji karyawan dan tunjangan.
Mungkin memakan waktu beberapa bulan atau lebih lama untuk mendapatkan bisnis Anda mulai. Pertimbangkan estimasi biaya total biaya operasional untuk tahun pertama dan biaya hidup pribadi selama dua tahun. Bandingkan perkiraan Anda dengan apa yang franchisee lainnya telah dibayar dan dengan sistem waralaba bersaing. Mungkin Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang lebih baik dengan franchisor lain. Seorang akuntan dapat membantu Anda untuk mengevaluasi informasi ini.
 Kerugian Franchising
Dokumen pengungkapan memberitahu Anda jika franchisor atau salah satu eksekutif perusahaan telah baru-baru ini terlibat dalam kebangkrutan. Ini akan membantu Anda untuk menilai stabilitas keuangan franchisor dan ketajaman bisnis umum dan memprediksi jika perusahaan secara finansial mampu memberikan layanan dukungan yang dijanjikan.
Beberapa faktor yang berpengaruh yaitu:
a.    Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan.
b.    Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan.

Contoh Franchise di Indonesia
Franchise Lokal
Restauran : Ayam goreng Mbok Berek, Ayam goreng Ny. Suharti, Es teler 77
Pendidikan : Primagama
Franchising Asing.
Fast Food: KFC, Texas Fried Chicken, Mc. Donald, A & W, Wendyis, H
Restauran/café/bar: Red Lobster, Panderosa, Sizzler, Hong Bin Lao, Black

Jenis-jenis usaha yang berpotensi
1. Produk dan Jasa Otomotif.
2. Bantuan dan Jasa Bisnis
3. Produk dan Jasa Konstruksi.
4. Jasa Pendidikan
5. Rekreasi dan Hiburan.
6. Fast food dan Take Away (Makanan siap saji).
7. Food Stalls (Stan Makanan).
8. Perawatan Kesehatan.
9. Jasa membersihkan
10. Retailing (Eceran).

Thursday, November 4, 2010

bocah korban merapi

Jakarta - Aktivitas Gunung Merapi yang meningkat sejak kemarin sore kembali memakan korban jiwa. Seorang anak kecil tewas dengan luka bakar. Jenazah anak ini sekarang berada di kamar jenazah RS Sardjito, Yogyakarta.

"Ada seorang anak kecil laki-laki meninggal dengan luka bakar, kira-kira umurnya lima tahun. Tadi baru sampai ke UGD langsung meninggal dunia," ujar petugas jaga forensik RS Sardjito, Pangadi, kepada detikcom, Jumat (5/11/2010).

Pangadi menuturkan, Anak tersebut dibawa ke RS Sardjito bersama kedua orang tuanya. Kedua orang tua anak ini sekarang sedang dirawat di UGD RS Sardjito.

"Orang tuanya masih dirawat di UGD," ujar Pangadi.

Menurut Pangadi, sampai saat ini ada sekitar 20 korban dengan luka bakar dirawat di UGD RS Sardjito. Beberapa diantaranya cukup parah.

"Sekarang ini ada dua puluhan. Ada beberapa yang cukup parah," papar Pangadi.

Pangadi menuturkan, warga yang menderita luka bakar rata-rata adalah warga di daerah yang berada di zona aman. Namun demikian luncuran awan panas dan lahar merapi, menurut informasi yang diperolehnya, terlalu jauh melebihi zona yang sudah ditetapkan.

"Itu batas bahayanya 15 Km tapi menurut warga semalam sampai 22 Km luncurannya," jelasnya.

kabar siklus merapi

Jakarta - "Merapi tak pernah ingkar janji," kata Bapak Surono, Ketua Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi ESDM sesaat setelah Gunung Merapi meletus tanggal 26 Oktober 2010 sekitar pukul 17.00 WIB. Istilah itu diambil mengikuti film tahun 80-an "merpati tak pernah ingkar janji".

Kata-kata itu tidak terlepas dari sejarah panjang proses letusan Gunung Merapi tercatat bahwa dalam periode siklus pendek yang terjadi setiap antara 2–5 tahun, sedangkan siklus menengah setiap 5 – 7 tahun. Siklus terpanjang pernah tercatat setelah mengalami istirahat selama lebih 30 tahun, terutama pada masa awal keberadaannya sebagai gunung api.

Memasuki abad 16 catatan kegiatan Merapi mulai kontinyu dan terlihat bahwa siklus terpanjang pernah dicapai selama 71 tahun ketika jeda antara tahun 1587 dan kegiatan
1658. Tahun dan aktivitas Gunung Merapi yang banyak memakan korban di antaranya
letusan tahun 1672 dengan korban meninggal 3.000 orang, letusan tahun 1872 meninggal 200 orang, letusan 1930 korban meninggal 1.369 orang, letusan 1994 meninggal 66 orang dan letusan 2006 korban meninggal 1 orang Letusan 2010 meletus Selasa 26 Oktober 2010 memakan korban meninggal 26 orang termasuk Mbah Maridjan.

Setiap gunung berapi di dunia mempunyai karakter masing-masing termasuk Gunung Merapi mempunyai tipe sendiri yaitu Tipe Merapi. Tipe ini dicirikan munculnya awan panas atau aliran piroklastik atau istilah lokal wedhus gembel. Terbentuknya awan panas tersebut dibedakan atas 2 macam, masing-masing awan panas letusan dan awan panas guguran. Kejadiannya adalah kubah lava yang tumbuh di puncak dalam suatu waktu karena posisinya tidak stabil atau terdesak oleh magma dari dalam dan runtuh yang diikuti oleh guguran lava pijar.

Dalam volume besar akan berubah menjadi awanpanas guguran (rock avalance), berupa campuran material berukuran debu hingga blok bersuhu tinggi (>700 derajat Celcius) dalam terjangan turbulensi meluncur dengan kecepatan tinggi (100 km/jam) ke dalam lembah. Puncak letusan umumnya berupa penghancuran kubah yang didahului dengan letusan eksplosif disertai awan panas guguran akibat hancurnya kubah. Secara bertahap dalam waktu tertntu sesuai siklusnya akan terbentuk kubah lava yang baru dan letak kubah lava berpindah-pindah.

Sejak tahun 1984 teknologi pengamatan gunung api berkembang pesat dan  sinyal data
dapat dikirim melalui pemancar radio (radio telemetry) maka sejak saat itu gejala awal
letusan lebih akurat karena semua sensor dapat ditempatkan sedekat mungkin dengan
pusat kegiatan tergantung kekuatan pemancar yang dipergunakan, secara normal dapat
menjangkau hingga jarak antara 25–40 km. Hampir setiap letusan Gunung Merapi,
terutama sejak diamati dengan seksama yang dimulai tahun 80-an, selalu diawali dengan
gejala yang jelas.

Secara umum peningkatan kegiatan lazimnya diawali dengan terekamnya gempa bumi vulkanik-dalam (tipe A) disusul kemudian munculnya gempa vulkanik-dangkal (tipe B) sebagai realisasi migrasinya fluida ke arah permukaan. Ketika kubah mulai terbentuk, gempa fase banyak (MP) mulai terekam diikuti dengan makin besarnya jumlah gempa guguran akibat meningkatnya guguran lava. Dalam kondisi demikian, tubuh Merapi mulai terdesak dan mengembang yang dimonitor dengan pengamatan deformasi (PVMBG).

Kemajuan teknologi informasi dan media sejak tahun 2000 ikut meramaikan suasana hiruk pikuknya aktivitas letusan Gunung Merapi. kalau dulu sebelum tahun 2000 kita hampir tidak pernah disuguhi tentang letusan Gunung Merapi, kita hanya disuguhi "matengnya saja" (sudah diedit/disensor), keberadaan media saat ini betul-betul menginformasikan secara detail kondisi letusan, korban dan kepanikan serta memunculkan sosok Mbah Maridjan. Sebetulnya Mbah Marijan merupakan tokoh masyarakat biasa yang ditugasi Sultan Hamengku Buwono IX untuk menjaga Gunung Merapi dan karena ketekunannya, keteguhannya dalam menjalankan tugas beliau dipercaya masyarakat di sekitar Gunung Merapi.

Mbah Maridjan belajar secara autodidak terhadap Gunung Merapi dengan menggunakan seluruh panca indranya dan hatinya sehingga ada hubungan "chemistry" antara keduanya. Mbah Maridjan tahu perilaku Gunung Merapi apakah mau meletus apa tidak. Hubungan "chemistry" ini hanya sebatas umur Mbah Marijan saja tidak lebih dari 82 tahun, padahal G.Merapi sudah ada ribuan tahun lalu dengan kata lain ada beberapa perilaku Gunung Merapi yang tidak diketahui Mbah Maridjan.

Media mengekplorasi secara besar-besaran terhadap "kesaktian" Mbah Maridjan sehingga
saat terjadi letusan tahun 2006 dan penduduk sebagian besar sudah diungsikan, Mbah
Maridjan tidak mau mengungsi. Ternyata letusan tahun 2006 tidak mengenai Mbah Maridjan sehingga waktu itu muncul prediksi yang dilakukan PVMBG kurang tepat. Tahun 2010 terjadi lagi, namun kali ini Desa Kinah Rejo dilewati wedhus gembel dan menyebabkan korban meninggal lebih dari 10 orang termasuk Mbah Maridjan.

Mbah Maridjan telah memberi inspirasi beberapa ahli ITS untuk mempelajari "apa yang
dikeluarkan Gunung Merapi yang bisa ditangkap Mbah Maridjan dan sensor apa yang ada dalam tubuh Mbah Maridjan yang bisa menangkap gejala Gunung Merapi". Mungkin akan menemukan alat deteksi baru yang berguna bagi masyarakat.