Thursday, March 31, 2011

INVESTASI INDUSTRI


Investasi Dalam Industri

            Didalam dunia industri tidaklah lepas dari investasi, keduanya sangat berhubungan erat, sebab induatri membutuhkan investasi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, tujuannya tidak lain hanya untuk mengembangkan industri tersebut agar lebih maju dan besar. Jika sudah besar dan maju industri tersebut dapat membangkitkan perekonomian daerah ataupun perekonomian nasional, selain itu suatu industri yang sudah maju dapat menyerap tenaga kerja yang banyak, sehingga seditkit mengurangi pengangguran di negeri ini.
            Banyak industri di negara ini, akan tetapi kita juga harus jeli dalam memilih investasi, sebab bukannya untung bisa malah rugi,dikarenakan industri tersebut yang sudah banyak hutang dengan bank atau hampir bangkrut. Oleh sebab itu jika kita akan melakukan investasi, kita harus paham betul tentang apa itu dunia industri, dan bagaimana cara mengelola industri tersebut, dari segi produksi, manajemen keuangan, pemasaran dll. Sehingga kita bisa terhindar dari kerugian.
            Didalam persaingan pasar bebasl seperti sekarang ini, banyak produk-produk dari luar negeri yang dipasarkan secara bebas di negara ini, biasanya produk luar negeri dari segi kualitas lebih unggul dari produk dalam negeri. Sehingga dapat melemahkan industri dalam negeri, bisa-bisa industri dalam negeri bisa gulung tikar karena kalah bersaing dengan produk luar negeri. Jadi pemerintah juga harus mengambil kebijakan dalam masalah ini mungkin dengan menaikkan pajak barang impor yang masuk ke Indonesia, sehingga produk dalam negeri tetap terjaga.
            Disamping itu pemerintah juga harus mampu dan bisa untuk melarang  produk luar negeri yang masuk kedalam negeri yang biasanya murah tetapi mengandung zat-zat yang membahayakan bagi kesehatan manusia, sebab banyak produk  dari luar negeri seperti piring plasti, alat2 dapur bahkan mainan anak-anak yang mengandung zat berbahaya seperti melamine.
            Untuk industri didalam negeri pemerintah juga harus tetap memantau dan menyeleksi produk-produk yang layak dipasarkan didalam negeri ini, agar produk dalam negeri tetap terjaga kualitas sehingga warga negara ini bisa percaya terhadap produk dalam negeri ini. Sebab jika produk dalam negeri tidak bagus kualitasnya, bisa-bisa  perekonomian di negara ini bisa hancur karena ketidak percayaan terhadap produk dalam negeri. Jika sudah terjadi seperti itu investasi tidak akan terjadi karena investor lebih memilih menginvestasikan uangnya ke industri yang menguntungkan. Dan masalah pengangguran, kemiskinan dan masalah sosial ataupun kriminal akan meningkat
            Nah dari ulasan diatas dapat kita simpulkan dan kita jadikan acuan jika kita ingin melakukan investasi.
“Selamat mencoba”

0 comments:

Post a Comment