Wednesday, April 6, 2011

SISTEM PEREKONOMIAN


System Perekonomian Indonesia
Setiap Negara memiliki system perekonomian berbeda-beda. System yang setiap Negara yang digunakan adalah hasil dari kesepakatan dari pemerintahan Negara itu sendiri. Biasanya system kesepakatan ini berdasarkan dari undang-undang yang dimiliki Negara itu sendiri. Jadi setiap Negara punya pola pikir tersendiri untuk bertujuan memakmurkan rakyat di Negara tersebut.
Berikut adalah system perekonomian yang sering digunakan oleh Negara-negara didunia ini baik Negara berkembang maupun Negara yang sudah maju :
a)      System ekonomi pasar bebas
System ekonomi pasar bebas adalah pengaturan kehidupan ekonomi diserahkan pada mekanisme pasar. Jadi produk-produk luar negeri bebas masuk kenegara-negara yang menjadi target penjualan produk tersebut (liberalis)
b)      System perekonomian perencanaan sentral
System perekonomian perencanaan sentral adalah pengaturan perekonomian yang diatur langsung oleh Negara. Jadi pemerintah ikut serta dalam pengambilan keputusan tentang serta mengatur jalanya perekonomian yang ada dinegara tersebut.
c)      Sistem ekonomi Campuran
Sistem ekonomi Campuran adalah pengaturan perekonomian yang dikelola oleh swasta dan pemerintah. Jadi system ini dijalankan dan penerapan system ini dilakukan oleh pemerintah dan swasta dengan kesepakatan-kesepakatan tertentu diantara pemerintah dan pihak swasta
d)     Ekonomi syariah
merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diambil dari  nilai-nilai agama Islam. System ekonomi syariah sangat berbeda dengan system ekonomi kapitalis, sebab di ajaran Agama Islam menentang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin, dan melarang penumpukan kekayaan. Selain itu, ekonomi dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah.

0 comments:

Post a Comment