Monday, November 22, 2010

Panduan Konsumen untuk Membeli sebuah Waralaba


Panduan Konsumen untuk Membeli sebuah Waralaba

            Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha. Dengan membeli waralaba, Anda sering dapat menjual barang dan jasa yang memiliki pengenalan nama instan dan dapat memperoleh pelatihan dan dukungan yang berkelanjutan untuk membantu Anda sukses. Tapi hati-hati. Seperti investasi apapun, membeli franchise bukan jaminan sukses.
Manfaat dan Tanggung Jawab Kepemilikan Franchise Memahami kewajiban Anda sebagai pemilik waralaba, bagaimana untuk berbelanja untuk peluang waralaba, dan bagaimana mengajukan pertanyaan yang tepat sebelum anda berinvestasi .Sebuah waralaba biasanya memungkinkan Anda, investor atau "waralaba," untuk menjalankan bisnis. Dengan membayar biaya waralaba, Anda diberikan format atau sistem yang dikembangkan oleh perusahaan ("waralaba"), hak untuk menggunakan nama franchisor untuk waktu yang terbatas, dan bantuan. Misalnya, franchisor dapat membantu Anda menemukan lokasi untuk outlet Anda; memberikan pelatihan awal dan manual operasi, dan menyarankan Anda pada manajemen, pemasaran, atau personil. Beberapa franchisor menawarkan dukungan yang berkelanjutan seperti  seminar berkala.
Sementara membeli franchise dapat mengurangi risiko investasi Anda dengan memungkinkan Anda untuk mengaitkan dengan sebuah perusahaan yang didirikan, dapat menjadi mahal. Anda juga mungkin diperlukan untuk melepaskan kendali yang signifikan atas usaha anda, saat mengambil pada kewajiban kontrak dengan franchisor. Berikut adalah garis besar dari beberapa komponen sistem waralaba khas. Pertimbangkan setiap hati-hati. Biaya Dalam pertukaran untuk mendapatkan hak untuk menggunakan nama franchisor dan bantuan, Anda dapat membayar sebagian atau seluruh biaya berikut.
1.    Biaya awal waralaba dan expenses. biaya awal waralaba lainnya, yang mungkin tidak dapat dikembalikan. Anda juga mungkin akan dikenakan biaya yang signifikan untuk menyewa, membangun, dan melengkapi outlet dan untuk membeli persediaan awal. biaya lainnya termasuk izin operasi dan asuransi. Anda juga dapat diminta untuk membayar "grand opening" biaya untuk pemilik waralaba untuk mempromosikan outlet baru Anda.
Pembayaran royalti terus. Anda mungkin harus membayar royalti franchisor berdasarkan persentase mingguan atau bulanan penghasilan bruto anda. Anda sering harus membayar royalti bahkan jika stopkontak Anda tidak menerima pendapatan yang signifikan selama waktu itu. Selain itu, royalti biasanya dibayar untuk hak menggunakan nama franchisor. Jadi, bahkan jika franchisor tidak memberikan layanan pendukung berjanji, Anda mungkin masih harus membayar royalti untuk jangka waktu perjanjian waralaba Anda.
2.     Biaya iklan. Anda mungkin harus membayar menjadi dana iklan. Beberapa bagian dari biaya iklan dapat pergi untuk iklan nasional atau untuk menarik pemilik waralaba baru, tetapi tidak untuk menargetkan outlet khusus Anda. Kontrol Untuk memastikan keseragaman, franchisor biasanya mengontrol bagaimana franchisee melakukan bisnis. Kontrol ini secara signifikan dapat membatasi kemampuan Anda untuk melakukan penilaian bisnis Anda sendiri. Berikut ini adalah contoh khas dari kontrol tersebut.
3.    Desain atau tampilan standar. Franchisor mungkin memaksakan standar desain atau penampilan untuk memastikan pelanggan menerima kualitas yang sama barang dan jasa di setiap outlet. Beberapa franchisor membutuhkan renovasi berkala atau perubahan desain musiman. Mematuhi standar-standar mungkin akan meningkatkan biaya Anda.
4.    Pembatasan atas barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual. Franchisor dapat membatasi barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual. Sebagai contoh, sebagai pemilik waralaba restoran, Anda mungkin tidak dapat menambah item menu populer Anda atau menghapus item yang tidak populer.  
5.     Pembatasan pada metode operasi. Mungkin franchisor mengharuskan Anda untuk bekerja dengan cara tertentu. franchisor tersebut mungkin mengharuskan Anda untuk beroperasi selama jam-jam tertentu, gunakan hanya tanda-tanda pra-disetujui, seragam karyawan, dan iklan, atau mematuhi akuntansi tertentu atau prosedur pembukuan. Pembatasan ini dapat menghambat Anda dari operasi outlet Anda seperti yang Anda anggap terbaik. franchisor juga mungkin mengharuskan Anda untuk membeli persediaan hanya dari pemasok yang telah disetujui, bahkan jika Anda dapat membeli barang serupa di tempat lain dengan biaya lebih rendah.
6.    Pembatasan wilayah penjualan. Franchisor dapat membatasi bisnis Anda untuk suatu wilayah tertentu. Meskipun pembatasan teritorial dapat memastikan bahwa franchisee lainnya tidak akan bersaing dengan anda untuk pelanggan yang sama, mereka dapat menghalangi kemampuan Anda untuk membuka outlet tambahan atau pindah ke lokasi yang lebih menguntungkan. Penghentian dan Renewal Anda dapat kehilangan hak untuk waralaba Anda jika Anda melanggar kontrak franchise. Selain itu, kontrak franchise adalah untuk waktu yang terbatas, tidak ada jaminan bahwa Anda akan dapat memperbaharuinya.
7.    Alasan lain untuk membeli waralaba adalah untuk memperoleh dukungan dari franchisor. pelatihan dan terus-menerus mendukung apakah pemilik waralaba menyediakan? Bagaimana pelatihan mereka dibandingkan dengan pelatihan bagi pekerja khas dalam industri? Bisakah Anda bersaing dengan orang lain yang memiliki pelatihan yang lebih formal? Apa latar belakang melakukan pemilik waralaba saat ini miliki? Apakah mereka memiliki latar belakang sebelum teknis atau pelatihan khusus yang membantu mereka berhasil? Apakah Anda memiliki latar belakang yang sama? Pengalaman franchisor
8.    Banyak waralaba beroperasi perusahaan-perusahaan mapan dengan tahun pengalaman baik dalam menjual barang atau jasa dan dalam mengelola sistem waralaba. Beberapa franchisor mulai dengan mengoperasikan bisnis mereka sendiri. Tidak ada jaminan, bagaimanapun, bahwa seorang pengusaha sukses berhasil dapat mengatur sistem waralaba.
9.    Hati-hati mempertimbangkan berapa lama franchisor telah berhasil dengan sistem waralaba. Apakah Anda merasa nyaman dengan keahlian pemilik waralaba? Jika franchisor memiliki sedikit pengalaman dalam mengelola rantai waralaba, janji-janji mereka bimbingan, pelatihan, dan dukungan lain yang dapat diandalkan.
10. Pertumbuhan Sebuah sistem waralaba  meningkatkan pengakuan nama franchisor dan dapat memungkinkan Anda untuk menarik pelanggan. Pertumbuhan sendiri tidak menjamin franchisee berhasil; sebuah perusahaan yang tumbuh terlalu cepat mungkin tidak dapat mendukung franchisee dengan semua layanan dukungan yang dijanjikan. Pastikan franchisor memiliki aset keuangan yang memadai dan staf untuk mendukung franchisee.

Litigasi Sejarah
Dokumen pengungkapan membantu Anda menilai latar belakang franchisor dan eksekutif dengan mewajibkan pengungkapan litigasi sebelumnya. Dokumen pengungkapan memberitahu Anda jika pemilik waralaba, atau pejabat eksekutif, telah dihukum karena tindak pidana berat yang melibatkan, misalnya, penipuan, pelanggaran hukum franchise atau tidak adil atau menipu praktek hukum, atau tunduk pada perintah negara bagian atau federal yang melibatkan kesalahan yang serupa. Hal ini juga akan memberitahu Anda jika waralaba, atau eksekutif, telah bertanggung jawab atau diselesaikan tindakan perdata yang melibatkan hubungan waralaba. Sejumlah klaim terhadap franchisor mungkin menunjukkan bahwa hal itu tidak dilakukan sesuai dengan perjanjian, atau, setidaknya, bahwa pewaralaba telah puas dengan kinerja franchisor. Perlu diketahui bahwa beberapa franchisor dapat mencoba untuk menyembunyikan sejarah litigasi seorang eksekutif dengan menghapus nama seseorang dari dokumen pengungkapan mereka.
Sebelum Memilih Sistem Waralaba
Sebelum berinvestasi dalam sistem waralaba tertentu, hati-hati mempertimbangkan berapa banyak uang yang Anda miliki untuk berinvestasi, kemampuan anda, dan tujuan Anda. Daftar berikut dapat membantu Anda membuat keputusan Anda. Investasi Anda
a)    Berapa banyak uang yang Anda miliki untuk berinvestasi?
b)    Berapa banyak uang yang bisa Anda mampu untuk kehilangan?
c)    Apakah Anda membeli waralaba sendiri atau dengan mitra?
d)    Apakah Anda perlu pembiayaan dan, jika demikian, di mana Anda mendapatkannya?
e)    Apakah Anda memiliki peringkat kredit yang menguntungkan?
f)     Apakah Anda memiliki tabungan atau penghasilan tambahan untuk hidup pada saat mulai franchise Anda?
Biaya
Dokumen pengungkapan memberitahu Anda biaya yang terlibat untuk memulai salah satu waralaba perusahaan. Ini akan menjelaskan setiap deposito awal atau biaya waralaba, yang mungkin tidak dapat dikembalikan, dan biaya untuk persediaan awal, tanda-tanda, peralatan, sewa, atau sewa. Perlu diketahui bahwa mungkin ada biaya yang tidak diungkapkan lain. Daftar periksa berikut akan membantu Anda bertanya tentang potensi biaya kepada Anda sebagai franchisee.
a)  Melanjutkan pembayaran royalti.
b)  Periklanan pembayaran, baik untuk dana periklanan lokal dan nasional.
c)   Grand membuka atau lainnya promosi bisnis awal.
d)  Bisnis atau izin operasi.
e)  Produk atau biaya jasa pasokan.
f)    Real estate dan prasarana.
g)  Discretionary peralatan seperti sistem komputer atau sistem bisnis alarm.
h)  Pelatihan.
i)    Hukum biaya.
j)    Keuangan dan saran akuntansi.
k)   Asuransi.
l)    Kepatuhan dengan peraturan daerah, seperti zonasi, pembuangan sampah, dan api dan kode keselamatan lainnya.
m) Asuransi kesehatan.
n)  Gaji karyawan dan tunjangan.
Mungkin memakan waktu beberapa bulan atau lebih lama untuk mendapatkan bisnis Anda mulai. Pertimbangkan estimasi biaya total biaya operasional untuk tahun pertama dan biaya hidup pribadi selama dua tahun. Bandingkan perkiraan Anda dengan apa yang franchisee lainnya telah dibayar dan dengan sistem waralaba bersaing. Mungkin Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang lebih baik dengan franchisor lain. Seorang akuntan dapat membantu Anda untuk mengevaluasi informasi ini.
 Kerugian Franchising
Dokumen pengungkapan memberitahu Anda jika franchisor atau salah satu eksekutif perusahaan telah baru-baru ini terlibat dalam kebangkrutan. Ini akan membantu Anda untuk menilai stabilitas keuangan franchisor dan ketajaman bisnis umum dan memprediksi jika perusahaan secara finansial mampu memberikan layanan dukungan yang dijanjikan.
Beberapa faktor yang berpengaruh yaitu:
a.    Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan.
b.    Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan.

Contoh Franchise di Indonesia
Franchise Lokal
Restauran : Ayam goreng Mbok Berek, Ayam goreng Ny. Suharti, Es teler 77
Pendidikan : Primagama
Franchising Asing.
Fast Food: KFC, Texas Fried Chicken, Mc. Donald, A & W, Wendyis, H
Restauran/café/bar: Red Lobster, Panderosa, Sizzler, Hong Bin Lao, Black

Jenis-jenis usaha yang berpotensi
1. Produk dan Jasa Otomotif.
2. Bantuan dan Jasa Bisnis
3. Produk dan Jasa Konstruksi.
4. Jasa Pendidikan
5. Rekreasi dan Hiburan.
6. Fast food dan Take Away (Makanan siap saji).
7. Food Stalls (Stan Makanan).
8. Perawatan Kesehatan.
9. Jasa membersihkan
10. Retailing (Eceran).

0 comments:

Post a Comment