Monday, March 31, 2014

Proses Riset Bisnis

Proses riset bisnis menggunakan seperangkat operasi yang membantu seorang peneliti dalam mengumpulkan, mencatat serta menganalisa data secara sistematik dalam upaya membantu memecahkan masalah-masalah pembuatan keputusan penting dalam bisnis. Proses riset bisnis melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Identifikasi dan Formulasi Masalah: Identifikasi menyangkut kesadaran adanya masalah yang tidak diinginkan yang muncul di perusahaan. Formulasi menyangkut proses mempersempit persoalan menjadi lebih khusus dan layak untuk diteliti.
  2. Pengujian nilai informasi penelitian: Menyangkut apakah hasil penelitian akan memberi manfaat maksimal dalam proses pengambilan keputusan.
  3. Pembuatan proposal penelitian: Proposal merupakan perencanaan sistematis semua kegiatan penelitian yang akan dikerjakan oleh peneliti.
  4. Penentuan desain penelitian: Desain penelitian merupakan alat untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian itu sendiri.
  5. Penentuan prosedur koleksi data: prosedur koleksi data akan menuntun peneliti untuk mendapatkan data yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan.
  6. Penentuan prosedur analisa: Prosedur analisa merupakan penentuan alat dan cara analisa yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian.
  7. Laporan dan evaluasi hasil penelitian
 http://jsarwono.psend.com/prosesrisbis.html

0 comments:

Post a Comment